High Expectation

Bulan Ramadhan ini kebanyakan gue di Bandung malah dari hari pertama puasa gue di Bandung dan baru sempet 3 kali buka puasa di luar yaitu sabtu 2 minggu lalu ke Punclut sama Retha trus sabtu kemarin ke Pino Pizza sama Vita di Buah Batu, dan kemarin ke Sushi Tei Sumatera sama Utha.

Nah selama Ramadhan ini juga gue sempet 2 kali ke Yakarta yang pertama cuma minta tanda tangan Pak Dospem di Central Park hari senin lalu lanjut buka puasa bareng keluarganya Mr yang mana gue dateng udah setengah 7 karena Yakarta macetnya amit-amit mana dari Central Park sana ke Cilangkap pula, dan yang kedua Kamis kemarin ke Yakarta dalam episode pindahan dikit-dikit mindahin 1 kardus barang yang udah gak kepake di Bandung trus sorenya gue makan Mie Laiker di Kuningan City sama Ripe atas dasar kengidaman nih anak yang seminggu sebelumnya udah menye-menye di BBM minta makan Mie Laiker.

Sebagai duta kuliner penasaran dong ana sama si Mie Laiker ini plus bung Ripe pun semangat banget nyodorin foto-foto Mie Laiker via BBM yang mana akhirnya gue pun ikut sercing-sercing.

How how how how rasanyaaaaaah?

Okelah

Okelah bagi gue artinya ya okelah gue bakal mau makan lagi kok tapi ya kalo emang pengen aja atau emang diajak makan disitu aja gak menggebu-gebu banget pengen balik lagi. Kemarin gue makan Mie Laiker yang Tom Yam dan Ripe yang goreng. Pada dasarnya akik gak suka kuah-kuahan pengen mesen yang goreng tapi kok gak kreatif banget kalo samaan gitu. Tidak mengecewakan kok asli deh, tapi buat gue gak W-O-W aja yah ceu, mienya kebanyakan bagi gue dan ukuran mie-nya gedang-gedang yah maaaaaaaaak berasa akik makan cacing pita. Mie Laiker gorengnya Ripe pun menurut akik kaya mie tektek abang-abang aja menurut gue loh ini kalo menurut dia mah enak banget ampe tandas itu piringnya.

Gue belakangan ini jadi mikir, tiap makan di Yakarta kok ketika ekspektasi gue udah sangat tinggi pas datang dan nyobain ya gak sesuai sama si review sebelumnya ini bukan yang pertama sih yah sampe akhirnya gue tau sendiri jawabannya. Apa-apa selalu gue bandingin sama kulinernya Bandung. Bandung tuh udah tolak ukur dalam hal perkulineran gue yang hobinya selain makanin harapan kosong juga makanin makanan ciamik disini. Jadi nih yah jadi gue akan membuka jiwa kalian tentang betapa gue gabisanya move-on dari kuliner kota ini

1. Bebek Ali Borromeus

Pertama nyobain bebek tuh di Purworejo pas mau ke Jogjes sama Mamita, disitu ana trauma dong yah soalnya dapet alot + amis. Katanya kalo gabisa ngolah bebek ya jadinya suka alot atau amis. Pas gue nyobain Bebek Ali ini karena rekomen temen gue waktu itu.

MASYA ALLAAAAAAAAAAAH, ENAK BANGET

Buat yang belom pernah makan bebek dan gamau nyobain, mending cobain ini dulu deh. Kering gak kerasa bebek deh, trus enak banget intinya mah. Gue kalo makan disini aja mana cukup 1 porsi, bebek 3 juga bisa abis sendirian. Tempatnya tepat di depan RS. Borromeus tenda kaki lima gitu. Nasi + bebek + es teh manis cukup 16k. Kurangnya sambelnya kurang nendang buat gue, kemanisan cyiiiiin. Berharap banget one day Bebek Ali merger sama Bebek Slamet. Bebeknya dari Ali tapi pake sambel Slamet. Beuuuuuh can’t imagine

2. Kedai Ling-Ling

TANPA PERLU BANYAK BERKATA-KATA INI ADALAH TEMPAT PAPORIT AKIIIIIIIIIIIIIIIIIIIK

*Mango Dessert 15k & Ramen 20k – 25k (maap agak lupa udah lama gak makan ramennya, segituan deh pokoknya)*

*Dessert 15k & Green Tea 10k*

*Takoyaki 15k & Okonomiyaki 15k*

*Chicken Curry Rice 20k*

Udah lah yah ini mah wajib fardhu ain kudu harus banget datang kesini, dessert-dessertnya ini loooooooh. Tiap ada temen dari luar kota dateng pasti gue jajanin seret kesini, racunin mereka sampe susah pulang dari Bandung dan rata-rata pada ketagihan. HAHAHAHAHAHAHAHAHA. Ada 2 tempat, 1 di Sultan Agung depan D’loops tapi disitu gak jual ramen dan curry-curry-an ini, 1 lagi di Cihampelas tokoknya lebih gede. Makan disini mah harap sabar yah cyiiiiin, antrinya itu loh suka bikin tobat. Tapi worth it bangeeeeet. Kalo ada yang ke Bandung kabar-kabari gue aja, nanti gue traktir disini deh pokoknya 😀

3. Mie Baso Akung

Semacam yamin-yamin gitu tapi printilannya banyak ada siomay, baso, pangsit, tahu, ceker. Tapi kita bisa mesen mau pake si printilannya apa aja nih yah. Gue sih menyarankan pesennya setengah aja, dikarenakan porsinya cukup gedang kalo buat gue. Harga sih gue lupa yah, tapi gue pernah pas Mei lalu makan yamin asin setengah + BPC (baso pangsit ceker) kemudian datenglah baksonya 3, pangsitnya 4, cekernya 3 dan itu 18k aja maliiiiiiiih. HAHAHAHAHAHAHAHA mati gak loh banyak banget. Jadi boleh juga kalo makannya ramean, si printilannya di share aja gausah pesen 1 porsi sendiri. Tempatnya di Jalan Lodaya

*Yamin Bihun*

4. Cilok Goreng Setiabudi

Duh gimana jelasinnya yah. Gue lupa deh gapunya ini foto cilok, intinya ini cilok ditusuk 3 biji trus digoreng dicocol bumbu kacang sama serundeng-serundeng bawang goreng gitu. 1 tusuk isi 3 harganya serebu. Tempatnya di depan Borma Setiabudi, meskipun ke arah sana maceto yah cyiiiin, tapi tidak pernah menghalangi gue untuk membawa temen-temen atau keluarga yang berkunjung ke gue buat gue seret kesitu. Belinya lumayan antri saingan sama anak smp sebrang tukang cilok ini. Tapi berhubung ana ehois yah anaknya, gamau kalah dong ketimbang desek-desekan sama anak smp doang mah. HAHAHAHAHAHAHA

5. Baso Tetelan Setiabudi

Cyiiiiiiiin, ini sih baso biasa aja tapi dipakein tetelan daging gitu atasnya. Semangkok baso tetelan 9k, gapake tetelan juga bisa kok 7k kalo gak salah. Tempatnya kali limaan juga di depan apotik setiabudi deket bank ocbc nisp.

6. HDL Cilaki

2 kata, Mahal & Enak. Ini tempat seafood paling beres sih menurut gue di Bandung, enaknya kesini ramean ceu soalnya porsinya gede-gede gitu lah yah. Dan tentu saja anda perlu berhati-hati dalam memilih makanan, soalnya dese gak nyantumin harga. HAHAHAHAHAHAHAHAHAHA. Siap-siap nahan napas deh kalo liat bill. So far sih makan disini gue 250-an ber4 tergantung juga mesennya apa. Pesen kepiting seporsi isi 3 sih 90riheng aja pemirsaaaaah, itu juga 2 taun lalu pesennya, mungkin taun ini seporsi setengah yuta poundsterling gue rasa (ditoyor HDL). Tapi asli deh buat yang suka seafood-seafood mah kesini aja, tempatnya di Jalan Cilaki eh tapi sekarang di depan Pusdai juga ada kok. Gatau itu cabang apa itu pindahan, pokoknya sama aja kaya yang di Jalan Cilaki-nya

7. Roti Gempol

Tempatnya nyempil, gue juga mau jelasin susah. Jij kalo pada mau kesini BBM ana aja deh nanti ana pandu (blogger macam apa males jelasin gini. Hahahahahaha) Isinya roti-rotian sama ada yaminnya juga. Jadi ini roti gempol kaya udah lama banget gitu kayanya, sering yang beli oma-opa gitu kesini. Tempatnya kecil tapi oldies-oldies gitu lucuk banget. Range harga akika lufa, apal yaminnya doang 17k

8. Iga Bakar Si Jangkung

Dulu sih semester awal salah satu kunjungan wajib kalo lagi pengen makan enak pas weekend. Denger-denger sih sekarang udah gimana gitu rasanya. Udah lama juga gak nyobain ini iga. Tempatnya di Jalan Caipaganti samping Masjid Cipaganti. Tapi di tiap The Kiosk Bandung juga suka ada kok.

9. Susu Murni DU

Susu murni panas dan dingin. Yunow lah Anna Annisa udara dingin pun teteup minum es dooooong. Jadi udah pasti yang dipesen es susu cokelat. 3.5k deh asaan mah kalo buat yang dingin. Tempatnya di Jalan Dipatiukur deket Unpad situ depan Cititrans yang samping pom bensin sederatan sama Sekeloa. Jualannya di mobil gitu, trus antri pula lagi. Dulu kalo abis begadangan ngerjain tugas jaman tinggal Jalaprang, langsung cuuuus naik angkot kesini sama Icha. Sejak di desa sih mana pernaaaaaaaaah. Dan sekarang bangke loh pas ngetik ini ana langsung fengen Sumur DU. Bedebah -_______-

10. Punclut

Tempat makan sunda-sundaan gitu. Tempatnya di Punclut (gak bantu banget soalnya ribet jalannya) dan akses kesini gak ada angkot jadi pake kendaraan pribadi. Tempatnya saung-saungan pinggir jalan banyak pilihannya tinggal jij mau makan yang dimana. Sabtu 2 minggu lalu sih gue makannya di Teh Ita tempatnya lumayan gede dan lengkap lauknya. Kalo kita makan disini bisa memandang Bandung dari atas gitu kerlap kerlip lampu kota (tsaaaaaaah). Makan disini termasuk murah banget sih yaaaaaaaaaah, gue kemarin makan nasi merah + pepes jambal + goreng belut + bakwan jagung + pete goreng sepapan + teh botol cuma 26k aja loh pemirsaaaaaaah. Padahal itu ana makannya udah cem kuli yang nonstop kerja 3 taun.

11. Bubur Pajajaran

Pertama kali makan bubur ini belom kuliah di Bandung, tapi diracunin sama Om Maki. Jadi ceritanya Om Maki kan tinggalnya di Gunung Batu deket Lanud Husein situ, dulu pas ke Bandung dan nginep di Om Maki pasti tiap pagi makan di bubur sini. Ketagihan lah gue sodara-sodara, nah ketika gue jadi warga Bandung berkuliheeee gue racunin lah teman-teman sama bubur ini. Bisa beli setengah porsi juga dan biasanya gue sih setengah porsi 9.5k yang biasa bukan yang spesial. Tempatnya deket Lanud Husein aja pokoknya, deket travel Andy ari teu leupat mah. Hiihihihhi

11. Nasi Bakar Cimandiri

Letaknya di belakang Gedung Sate, jadi nasinya dibungkus daun pisang trus dibakar. Nasinya sendiri kaya dibumbuin gitu trus ada teri-teri kecilnya, ada pilihan bermacam lauk dari paru, ikan, ayam dll. Ada paketannya juga deh 15k apa berapa gitu. Pookonya makan disini mah paling banter 20k gue rasa. Agak-agak lupa juga. Oia di belakang Gedung Sate ini ada 2 tempat nasi Bakar. Gue biasanya yang lesehan bukan yang pake bangku. Tempatnya bukan yang bagus aja pokoknya, Nasi Bakar Cimandiri 15 deh kalo gak salah.

12. Cuanki Serayu

Kalo di Yakarta kaya cuanki yang di abang-abang pikul gitu, disinipun ada yang dipikul. Nah ini cuanki ada tempatnya gitu, isinya mah sama aja kaya cuanki abang-abang pikul tapi disini juga ada batagornya juga. Tempatnya di Jalan Serayu, range harga 8k gitu lah.

13. Kupat Tahu Gempol

Untuk ukuran kupat tahu deket kampus gue yang 4k ini tentu saja termasuk laham yah ceuuuuu karena harganya 10k dan porsinya secumit macam ketoprak ciragil di Jakarta. Tapi herannya ini kalo beli pagi antri aja sih pemirsaaaaah, dan yang makan juga kece-kece pisan yaaaah bermobil-mobil gitu. Pantes aja sih harganya mahal soalnya dese tau yang beli tajir-tajir kayanya. HAHAHAHAHAHAHA. Tapi enak sih emang, sayang tempatnya kecil banget kalo mau makan disitu mesti antri. Letaknya sebelum Roti Gempol, dan ini cepet abis loh jam 9 atau 10an aja udah abis.

Sekian dulu yah review-review kuliner Bandungnya, nanti kita lanjut lagi sama tempat nongkrong asoooy. Ana ngantuk nih dan pegel juga. Semoga postingan kali ini membuka cakrawala kalo makanan yang suka di dewa-dewakan di Jakarta (dan di tempat lain) mah kalo dibandingin di Bandung gada apa-apanya, apalagi dari segi harga. HAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHA

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s